Home ISUZU ELF Tips Memeriksa Shock Absorber dan perawatan Isuzu

Tips Memeriksa Shock Absorber dan perawatan Isuzu

Tips Memeriksa Shock Absorber dan perawatan Isuzu


Shock absorber anda sudah mati atau sudah waktunya ganti, Jika anda ingin membeli shock absorber di pasar aftermarket, maka berhati-hatilah. Dewasa ini makin banyak kejadian penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,  sebab bila anda tidak teliti dalam memilih bisa saja shock absorber yang anda beli adalah shock absorber aspal alias asli tapi palsu (daur ulang). Untuk itu dibawah ini ada beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri shock absorber asli dan asli tapi palsu alias daur ulang. Memang membeli ditempat Dealer atau ATPM bisa menghindarkan anda dari penipuan (Walau kemungkinan nanti anda akan mendapatkan barang yang harganya lebih mahal dari harga semestinya). Ayo kita periksa dan mungkin beberapa panduan dibawah ini bisa sedikit membantu anda.

Cara Cara Memeriksa Shock Absorber

  1. Periksa Bekas Las atau Las Patri Suntikan
  2. Komponen palsu bisa dikenali dari kemasan dan bentuknya. Komponen palsu biasanya memiliki kemasan yang berbeda dengan yang asli, baik dari hologram, bahan kemasan, hingga bentuk huruf dan tulisan pada kemasan. Perhatikan bekas gerinda dan suntikan. Shock absorber lama yang didaur ulang juga bisa dikenali dari ada tidaknya bekas penghalusan pada bagian-bagian tertentu yang dilas dengan menggunakan gerinda. Selain itu, ada cara tertentu dengan cara menyuntik (mengisi olie kembali pada bagian bawah shock absorber.
  3. Periksa Luka Bekas Pengencangan Baut pada shock absorber yang pernah dipakai maka pada badan tempat baut biasannya sudah luka (ada bekas luka tekan oleh baut dan ring)
  4. Periksa As Shock absorber dan Perhatikan As Shock absorber anda, yang baru kondisi as akan benar benar mulus atas bawah, sedang pada shockabsorber yang sudah pernah dipakai maka akan ada tanda keausan as, yang ditandai dengan warna yang lebih gelap atau ada goresan goresan, dan bila lapisan chrome pada shock tersebut bagus maka bagian as yang bekerja biasanya akan lebih Mengkilat dari sekitarnya. (mengkilat karena lebih halus selalu bergesek dengan seal shock absorber)
  5. Periksa Alur Drat Pada shock absorber daur ulang bisa dikenali dari ujung drat yang tidak sempurna. Hal itu terjadi karena shock absorber bekas itu biasanya dibubut, sehingga bentuk drat tidak sempurna seperti aslinya lagi. atau bila tidak dibubut maka akan ada bekas luka ulir pada alur dratnya.